Prosesor Intel Dari Pertama Hingga Generasi Sekarang

Prosesor Intel Dari Pertama Hingga Generasi Sekarang

Senin, 18 November 2019, November 18, 2019




Sejarah prosesor sudah ada sejak lama ketika kita masih jauh sebelum mengetahui prosesor yang sekarang sudah jauh berkembang, sebelum lebih jauh kita untuk mengetahui tentang perkembangan prosesor dari masa ke masa ada baiknya kita mengetahui sejarahnya yang mana pada tahun 1986 yaitu awal berdirinya perusahaan intel corp yang juga biasa kita ketahui prosesor intel atau singkatan dari “INTegrated Electronics” yang saat ini telah banyak kita gunakan hingga sampai saat ini, prosesor intel juga dimulai dari ram statis baru setelah itu berkembang menjadi microprosessor yang waktu itu memiliki kapasitas 275 ribu transitor dan hingga saat ini prosesor intel sudah jauh berkembang, maka dari itu generasi prosesor intel sangatlah banyak digunakan hingga memiliki pasar yang sangat menjanjikan bagi perusaannya untuk selalu berkembang dalam hal teknologi.


Berikut urutan generasi prosesor intel dari awal hingga sekarang yang banyak kita pakai,
  • Intel prosesor 4004

Prosesor yang pertama dibuat oleh perusahaan intel, prosesor yang pertama kali digunakan pada mesin penghitung buscom. Dari prosesor 4004 pertama inilah lahir prosesor lainnya hingga sekarang yang prosesor tersebut merupakan permulaan masuknya system pintar ke dalam mesin. Intel prosesor 4004 memiliki spesifikasi 4 bit dengan 2300 transitor yang tertanam.
  • Intel prosesor 8008

prosesor generasi kedua setelah lahirnya prosesor 4004 dan waktu itu perusahaan intel mengakui bahwa prosesor 8008 merupakan prosesor lebih canggih dan 2 kali lebih kuat di bandingkan generasi prosesor 4004 kala itu, prosesor 8008 memiliki spesifikasi dengan menggunakan 8 bit dengan 3500 transitor dan juga clock speed awal 800 Mhz.
  • Intel prosesor 8080

prosesor yang lahir setelah 2 tahun lahirnya prosesor 8008, perubahan prosesor tersebut dari yang sebelumnya sangat berdampak signifikan karena saat prosesor sebelumnya menggunakan multivoltage dan yang ini menjadi triple voltage, dan memakai tknologi NMOS dengan kecepatan lebih apabila disbanding dengan teknologi PMOS yang ada pada prosesor sebelumnya.
  • Intel 8086 dan 8088

Dua prosesor yang menggunakan system 16 bit untuk pertama kalinya setelah prosesor 8080, namun dengan prosesor terbaru ini ketika itu banyak motherboard yang tidak mendukung dalam system 16 bit karena pada saat itu rata-rata motherboard masih menggunakan system 8bit, untuk spesifiksi lain memiliki 29 ribu transistor dan clock speed 5 Mhz, karenanya pada saat itu intel prosesor 8086 kurang diminati oleh pasar yang saat itu sudah mulai berkembang, karena saat itu pasar kurang untuk intel 8086 kemudian intel merilis kembali dengan prosesor 8088 pada tahun itu juga dan diterapkan ke computer IBM dan ini merupakan titik dari kesuksesan awal bagi perusahaan Inteel.
  • Intel prosesor 286 dengan nama asli 80286

Prosesor yang mengusung aiatem 16bit dan jauh lebih unggul dari sebelum-sebelumnya, memiliki clock speed 6Mhz kemampuan yang dimiliki 4 kali lebih baik dari generasi 8086.
  • Intel prosesor 386DX/80386DX

System yang digunakan yaitu 32bit pertama didunia yang memiliki kecepatan clock speed 16, 20 dan 33Mhz dan juga tertanam 275 transistor.
  • Intel prosesor386SX

Kemampuan dan spesifikasi dari prosesor ini dikurangi menjadi 50 persen dari system prosesor sebelumnya yang 32bit kini menjadi system 16bit, dengan pengurangan ini system menjadikannya lebih lambat dari sebelumnya namun memiliki keunggulan dari harga jualnya yang lebih ekonomis dan motherboard mendukung untuk system tersebut.
  • Intel prosesor 486DX

Prosesor yang memberikan kemudahan dalam hal menggunakan akses aplikas lebih banyak terhadap computer dan juga sangat praktis, menggunakan system 32bit, 1,2 juta transistor, clock speed 25Mhz, dan kelebihan dari prosesor yaitu match co processor yang berfungsi untuk membantu data matematis yang bisa memperkecil beban dari prosesor sehingga kecepatan akses computer lebih stabil dari prosesor sebelumnya.
  • Intel prosesor 486SX

Prosesor yang sedikit menjadikannya lebih ekonomis dari prosesor sebelumnya 486DX sehingga spesifikasinya lebih rendah.
  • Intel Pentium

Prosesor pertama keluaran intel yang memiliki kemampuan 2 kali lebih dari intel 486DX dengan system 64bit dari pendahulunya, clock speed 60Mhz dan 66Mhz dengan transistor 3,1 juta, mikroarsitektor P5, kemampuan yang bisa memadukan data-data aslinya seperti suara, tulisan dan foto karena tertanam didalamnya MMX, dengan nama intel Pentium tersebutlah membuat intel lebih dikenal didunia.
  • Intel Pentium pro

Lanjutan dari seri sebelumnya dengan system 32bit, 5,5 juta transistor, clock speed 200Mhz mikroarsitektor P6, dari sinilah dasar dari pengembangan intel Pentium 1 hingga Pentium 4.
  • Intel Pentium 2

Dengan dasar pembuatan dari intel MMX dan juga difokoskan untuk computer pengolah data video, audio, grafis. Dan dari beberapa sumbernya bahwa Pentium 2 adalah Pentium pro yang telah disematkan teknologi MMX dengan system 32bit arsitektor P6 dan 7,5 juta transistor dengan clock speed 300Mhz dengan pemasangan seperti halnya pemasangan memory ram.
  • Intel Pentium 2 xeon

Di rilis setahus setelah intel Pentium 2, dan Pentium 2 xeon pembuatannya merupakan berbasis pada Pentium 2 yang lebih dulu keluar namun bedanya Pentium ini bernama xeon yang ditujukan untuk skala server.
  • Intel Celeron

Merupakan produk intel yang berharga miring atau ekonomis dengan spesifikasi 32bit, arsitektor P6, 7,5 juta transistor dengan clock speed 266Mhz dengan adanya intel Celeron ini merupakan dasar dari pembuatan intel Pentium 3, Pentium 4, Pentium M dan juga intel core.
  • Intel Pentium 3

Spesifikasi dari Pentium 3 ini yaitu grafisnya yang sudah memunculkan tingkat tinggi grafis yaitu 3D, audio streaming, prosesor yang memberikan penggunanya mampu berselancar kedalam internet dengan system 32bit, arsitektur P6, 9,5 juta transistor dengan clock speed 600Mhz.
  • Intel Pentium 3 xeon

Kurang lebih dari Pentium 3 yang merilis sebelumnya, dengan keunggulan berupa pengolahan informasi dari system ke prosesor yang sangat cepat, Pentium 3 xeon sendiri sangat cocok jika dipadukan system aplikasi kantoran ataupun juga bisnis yang lebih canggih termasuk multimedia dan juga streaming vedio.
  • Intel Pentium 4

Spesifikasinya yaitu clock speed 1,5Ghz dengan form factor 423 prosesor 32bit arsitectur netburst 42 juta transistor namun kemudian dirubah menjadi 478 form factor dengan kecepatan 1,3Ghz dan merubahnya lagi menjadi 3,4Ghz.
  • Intel Pentium 4 xeon

Dirilis bersamaan dengan intel Pentium 4 sebelumnya Pentium 4 xeon ini difokoskan untuk computer menengah dengan kinerja tinggi dan juga difokoskan untuk computer server.
  • Intel itanium

Yang ditujukan untuk perusahaan yang dituntut kinerja tinggi dengan program-program advance seperti transaksi e-commerce yang aman dengan database yang besar, serta program-program Teknik dan sain yang sulit.
  • Intel itanium 2

Prosesor yang lebih tinggi dari sebeleumnya dengan penyematan teknologi intel eplicity parallel instruction computing (epic).
  • Intel Pentium M 735/745/755

Yang memang difokuskan untuk computer yang biasa kita sebut notebook atau juga laptop.
  • Intel E7520/7320

Teknologi yang memiliki dua prosesor dengan konfigurasi FSB 800MHz, memory DDR2 400, dan didukung dengan koneksi PCI Express (VGA).
  • Intel Pentium D

Menggunakan system 64bit dengan mikroarsitektur netburst dan 230 juta transistor juga clock speed 2,66 GHz. Dari sinilah lahirnya intel Pentium D 820/830/840.
  • Intel core 2 Dou

Prosesor yang memiliki 2 inti dengan konfigurasi 2,4GHz dengan 8 MB L2 chace, jalur FSB 1,06GHz, thermal designe power 40 persen disbanding sebelumnya.
  • Intel core solo dan core Dou

Prosesor dengan system 32bit dengan menggunakan teknologi mikroarsitektur netburst P6 dan merupakan pendahulu mikroarsitektur core.
  • Intel core 2

Prosesor dengan system 64bit, 291 juta transistor, clock speed terendah 1,8GHz berbasis microarsitektur core.
  • Intel Pentium dual core

Masih dengan system 64bit dengan microarsitektur core yang memiliki 160 juta transistor, clock speed 2,2GHz.
  • Intel core 2 Dou

System 64bit dengan menggunakan microarsitektur 64bit dengan tertanam 410 juta transistor clockspeed 2,4GHz paling rendah.
  • Intel core 2 quad

Masih menggunakan sistem 64bit dengan mikroarsitektur core namun memiliki jumlah transistor lebih banyak yaitu 820 juta dengan clockspeed terendah 2,4GHz dan masih sama dengan core 2.
  • Intel atom

Jajaran intel Pentium dual core yang dalamnya tertanam 41 juta transistor dengan clockspeed terendah 1,86GHz dan kebanyakan digunakan terhadap notebook dan laptop.

Dan masih ada lagi generasi generasi intel keluarkan untuk menarik pangsa pasar dunia, perusahaan intel tentu akan selalu berinovasi terus agar tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi yang memang saat ini sudah sangat berkembang.

TerPopuler